Jawab Keluhan Pelanggan, Direktur PDAM Kubu Raya Sampaikan Alasan Kenaikan Tarif

KUBU RAYA – Direktur PDAM Kubu Raya, Ir Mula Putra menyampaikan, alasan pihaknya menaikkan tarif air bersih PDAM Tirta Raya Kubu Raya, yang sejak 1 januari 2020 naik hingga mencapai Rp. 4.800,- per meter kubik.

“Jadi untuk kenaikan tarif memang ada dari Rp 2.400,- menjadi Rp 4.800,- untuk satu kelompok pelanggan. Cuman ya itu tadi, memang ada perubahan juga di Blok Konsumsi.”

“Mungkin ini yang tidak tersosialisasikan kepada masyarakat, sehingga banyak keluhan,” kata Mula saat ditemui awak media, pada Kamis (20/2/2020).

Lalu dalam kesempatan inipun Mula menjelaskan bahwa, terkait kenaikan tarif ini disebabkan oleh faktor permasalahan pokok yang ada di PDAM Tirta Raya Kubu Raya, yakni kapasitas dan tingkat kebocoran.

• Masyarakat Kubu Raya Keluhkan Kenaikan Tarif PDAM Hingga Kualitas Air Tak Layak https://www.youtube.com/embed/ukMu59uwXYw

“Permasalahan pokok yang ada di PDAM inikan ada dua, yakni kapasitas dan tingkat kebocoran. Jadi inilah yang harus kita tekan, dan untuk menekannya tidak ada cara lain.”

“Kita perlu memasang water meter secara menyeluruh. Dan pemasangan water meter ini biayanya cukup mahal itu harganya sekitar 350 ribu sampai 500 ribu per unitnya,” jelasnya.

Kemudian ia pun mencontohkan perhitungan, jika water meter dilakukan pemasangan secara menyeluruh.

Dikatakannya jika mengambil nilai yang paling rendah dalam pemasangan water meter senilai 350 ribu, dengan saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Raya, Kubu Raya sekitar 20.000 pelanggan.

Maka anggaran yang diperlukan dalam pemasangan water meter tersebut senilai Rp 7 miliar rupiah.

Dari kenaikan tarif inilah, dikatakan Mula bahwa pihak PDAM Tirta Raya Kubu Raya akan menyempurnakan water meter menyeluruh secara bertahap.

Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/20/jawab-keluhan-pelanggan-direktur-pdam-kubu-raya-sampaikan-alasan-kenaikan-tarif



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content