Perumdam Tirta Raya Targetkan Sepuluh Ribu Sambungan Rumah Baru Melalui Kredit Mikro

 

Perumdam Tirta Raya di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat jalin kerja sama dengan BPR Ukabima untuk memberikan kredit mikro kredit mikro senilai total Rp 15 miliar untuk pemasangan sambungan baru (24/08/2023).

Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung rencana PDAM memasang sepuluh ribu sambungan rumah.

Skema mikro kredit ini memungkinkan calon pelanggan memasang sambungan rumah tanpa perlu membayar uang muka. BPR akan membiayai pemasangan sambungan rumah terlebih dulu dan PDAM membayarkan 15 persen uang muka kepada bank. Selain itu, Perumdam juga menggratiskan biaya langganan selama dua bulan pertama.

Direktur Perumdam Tirta Raya, Mula Putra, berharap model bisnis seperti ini akan menarik lebih banyak pelanggan. “Kami harap ini bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Kubu Raya yang perlu pinjaman untuk membangun sambungan rumah baru,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kubu Raya, Yusran Anizam, juga akan mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung program kredit mikro ini sehingga lebih banyak masyarakat dapat menikmati akses air minum perpipaan.

USAID IUWASH Tangguh mendukung kerja sama Perumdam Tirta Raya dan BPR Ukabima sebagai salah satu bentuk bantuannya kepada pemerintah kabupaten di bidang air minum. Program ini terus mendorong keterlibatan swasta untuk menyediakan akses air minum perpipaan yang terjangkau di Indonesia melalui pembiayaan alternatif dan menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

Sumber : https://iuwashtangguh.or.id/pdam-kubu-raya-targetkan-sepuluh-ribu-sambungan-rumah-baru-melalui-kredit-mikro/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content